Benni Warlis: Seharusnya Petani Bisa Merasakan Jalan-Jalan Pakai Mobil Sekelas Fortuner

Peristiwa151 Views

Agam – Dominasinya lahan pertanian di seputar Kabupaten Agam menjadi pusat perhatian sosok mantan Birokrat dan Teknokrat pasca temu ramah dengan sejumlah kelompok tani di Jorong Pulai, Nagari Gadut, Kec. Tilang Kamang, Kab. Agam, pada Sabtu kemarin, (27/04).

Baginya, bidang pertanian harus menjadi perhatian khusus pemerintahan dalam rangka menjaga stabilitas stok pangan pokok, stabilitas produksi tanaman yang didukung dengan pengadaan pupuk, perpaduan penggunaan teknologi dengan tenaga manusia, sehingga terjadi efisien serta berdampak kepada peningkatkan kesejahteraan yang sebenar-benarnya terhadap petani.

Berdasarkan pengalaman sebagai Birokrat dan Teknokrat di Pemerintahan Provinsi Sumatera Barat, menurut Ir. Benni Warlis, MM, dengan luasnya lahan pertanian di Kabupaten Agam, layak menjadi perhatian khusus oleh pemerintah agar peningkatan ekonomi masyarakat didapat melalui sektor pertanian, perkebunan dan peternakan.

Baca Juga  98 Orang Lulus Seleksi Administrasi PTPS Panwaslu Kec. Canduang, Agam

Dalam temu ramah tersebut, tambah Benni, banyak hal yang bisa dilakukan jika pemerintah serius terhadap nasib petani. Salah satunya dengan penguatan sarana dan prasarana di gabungan kelompok tani (gapoktan).

Benni Warlis temu ramah dengan kelompok tani di Pulai, Gadut, Kec. Tilatang Kamang.

Gapoktan atau gabungan kelompok tani merupakan kelembagaan pertanian yang dibuat dengan tujuan untuk memfasilitasi kegiatan-kegiatan pertanian dari sektor permodalan hingga pengolahan hasil pertanian

Lanjut Benni, selain itu akses modal yang dipermudah, jaringan pasar yang luas, serta pengembangan kapasitas yang berkelanjutan.

Terkait dengan dirinya yang digadang-gadang-kan menjadi kepala daerah, Benni mengatakan bahwa tidak menampik berniat untuk mengabdi di kampung halaman sebagai calon kepala daerah.

“Namun demikian, belum bisa dipastikan, hal ini berdasarkan permintaan masyarakat baik di Payakumbuh dan Agam. Tentu semua ini dipertimbangkan dari segala hal,” ujar Benni yang juga selaku Pembina Yayasan Darul Furqan, Payakumbuh.

Baca Juga  LuHaK FH UM-Sumbar bersama KMSN Antisipasi Pelanggaran Kecurangan Pemilu 2024

“Kalau beberapa bulan kedepan, baik melalui survei dan respon masyarakat langsung di kabupaten agam bagus, ya kenapa tidak kita sama-sama membangun Agam. Intinya kita berniat untuk membangun daerah lebih baik lagi,” tegas Benni Warlis, yang pada tahun 2021 pernah sebagai Pjs Bupati Agam.

Lalu ketika ditanya Jurnalis, seperti apa harapan seorang Benni Warlis kehidupan para petani yang sebenar-benarnya?

Benni menjawab, suatu saat, harapan saya para petani betul merasakan sebagai petani dengan kehidupan yang layak. Dia tetap beraktivitas ke sawah, menanam benih, menyemai padi, tetapi kalau melakukan aktivitas lain, seperti pergi jalan-jalan bisa pakai mobil sekelas Fortuner.

“Sehingga petani juga merasa bangga sebagai petani karena kesejahteraan petani dapat dirasakan secara nyata, tidak hanya pedagang hasil tani saja yang kaya,” ucap Benni yang pernah berkarir sebagai Komisaris Bank Nagari. (*)

Comment