Fort de Kock Tanggap Bencana Kolaborasi dengan Yakesma

Peristiwa1148 Views

Agam – Per hari Kamis kemarin, tercatat sebanyak 250 orang mahasiswa Universitas Fort de Kock (UFDK) Bukittinggi tergabung dalam Forgana (Fort de Kock Tanggap Bencana) ikut membantu masyarakat korban bencana banjir bandang, lahar dingin Gunung Marapi di Jorong Galuang, Kecamatan Sungai Pua, Kabupaten Agam.

Adapun mekanisme pengerahan sejumlah mahasiswa UFDK (Forgana) tersebut dilakukan secara bertahap, yakni mulai pagi hingga siang sebanyak 25 orang mahasiswa, lalu secara bergantian 25 orang mahasiswa lain dari siang hingga sore hari.

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Bidang Kemahasiswaan UFDK Bukittinggi, Rachmad Syukri, pada Kamis kemarin, (16/05) saat berada di Galuang, Sungai Pua, Agam.

Menurut Rachmad, pada awal-nya kegiatan Forgana fokus mencari korban bencana bersama Tim PMI lalu di hari berikutnya membantu membersihkan selokan, rumah warga yang terkena lahar dingin, kemudian membuka posko.

Baca Juga  Tim Relawan Forgana Ikut Gabung Bersama Relawan Lain di Lokasi Bencana Nagari Bukik Batabuah Agam

Tujuan Posko ini di buka yaitu membantu menyalurkan bantuan dari berbagai pihak yang bekerjasama atau berkolaborasi dengan lembaga sosial kemasyarakatan Yakesma Sumbar.

“Mengenai masalah tenaga sukarelawan dari Forgana, sementara pengadaan dana bantuan untuk korban dan para relawan, kami bekerjasama dengan Yakesma untuk menampung dana dari seluruh Indonesia,” ucapnya.

Tambah Rachmad, sampai pada hari ini (Kamis), kami sudah mendapatkan dana bantuan yang terkumpul melalui Yakesma sebanyak 25 juta dari para pihak. Anggaran tersebut dipergunakan untuk membeli kebutuhan para korban bencana dan konsumsi seluruh relawan yang ada disekitar posko bencana, tidak hanya relawan Forgana.

Selain itu, Forgana bersama Yakesma juga membantu tenaga untuk pelayanan kesehatan dan membantu obat-obatan tanpa resep dokter, vitamin serta periksaan kesehatan termasuk ambulance bagi para korban bencana.

Baca Juga  LKHK dan Civitas Akademika FH UM-Sumbar Aksi Kawal Pemilu Bersih

Hal yang sama disampaikan oleh Syafri, Kordinator Yakesma Sumatera Barat, bahwa benar telah terjalin kerjasama dengan Forgana untuk membantu para korban bencana.

“Kerjasama itu telah berlangsung sejak awal yang mana kita saling berbagi tugas dalam hal penanganan para korban,” ucapnya.

Lanjut Syafri, untuk para donatur yang ingin membantu dalam bentuk dana ataupun barang bisa langsung ke Posko kami, atau bisa juga melalui nomor rekening bank resmi Yakesma Sumbar, yakni Rekening Donasi Bencana
🏧 Bank Syariah Indonesia
7272737171
🏧 Muamalat 4210048989
🏧 Nagari Syariah 71000220242253
an. Yakesma Sumbar

Wa Center : 081363271366
Fanpage : Yakesma Sumbar
IG : yakesmasumbar
Youtube : Yakesma Sumbar
Chanel telegram : t.me/YakesmaSumbar
Website: www.yakesma.org (*)

Comment