Satlantas Polresta Bukittinggi: Hindari Jalur Malalak dari Macet Panjang

Peristiwa1443 Views

Bukittinggi – Sejak jalan lintas Bukittinggi-Padang maupun dari arah sebaliknya melalui jalur Nagari Malalak menjadi jalan utama, kemacetan arus lalulintas semakin sulit dihindari.

Hal ini diakibatkan karena meningkatnya volume kendaraan roda dua dan roda empat, jalan yang berlubang dan sempit serta banyaknya jumlah kendaraan dengan tonase besar melintas, menjadi bagian dari penyebab kemacetan.

Untuk itu dihimbau kepada masyarakat pengguna jalan yang ingin melakukan perjalanan ke Padang maupun ke Bukittinggi melalui jalur Malalak, agar mengatur kembali jadwal perjalanannya.

Hal ini disampaikan oleh Kepala Satuan Lalu Lintas (Kasatlantas) Polresta Bukittinggi, AKP. Andhika Trisna Wijaya, Sik pada Sabtu, (29/06) di Mapolresta Bukittinggi.

“Himbauan ini kita tujukan kepada seluruh masyarakat pengguna jalan dari arah Padang menuju Bukittinggi maupun arah sebaliknya yang melalui jalur Nagari Malalak, silahkan mengatur kembali jadwal perjalanannya agar terhindar dari kemacetan yang panjang,” ungkapnya.

Baca Juga  161 Orang Lulus Seleksi Administrasi PTPS Panwaslu Kec. Ampek Angkek, Agam

“Sejak jalan lintas Bukittinggi-Padang maupun dari arah sebaliknya melalui jalur Malalak menjadi jalan utama, maka kemacetan sulit dihindari karena berbagai sebab. Jika perlu, perjalanannya ditunda
di hari lain atau mencari jalan alternatif agar terhindar dari kemacetan. Apa lagi sekarang ini akhir pekan dan musim liburan,” kata Andhika.

Selain itu, kata Andhika, akibat banyak jalan berlubang, jalan dari Padang-Bukittinggi atau arah sebaliknya melalui jalur Malalak akan dilakukan perbaikan oleh Pemerintah Daerah Provinsi Sumatera Barat.

Lanjut Andhika, hasil pertemuan dengan Pemerintah Provinsi Sumbar beberapa hari lalu, akan dilakukan perbaikan jalan serta pelarangan kendaraan dengan sumbu roda 3 keatas melintas di jalur Malalak pada tanggal 1 Juli sampai sekitar tanggal 21 Juli 2024. Artinya sampai jalan lintas Padang-Bukittinggi melalui jalur lembah anai selesai pembangunannya.

Baca Juga  Tim Relawan Forgana Ikut Gabung Bersama Relawan Lain di Lokasi Bencana Nagari Bukik Batabuah Agam

“Jadi, kendaraan truk jenis sumbu roda 3 dilarang melintas di jalur Malalak kecuali kendaraan angkutan Pertamina yang membawa bahan bakar minyak atau gas,” ungkapnya.

Pengertian sumbu roda pada sebuah truk sangat berfungsi untuk membawa kapasitas muatan agar dapat membawa muatan dengan maksimal. Sumbu roda merupakan poros roda yang berfungsi sebagai tempat roda.

Semakin banyak jumlah sumbu roda yang dimiliki sebuah truk maka semakin banyak juga jumlah ban (roda) yang digunakan, dan tentunya akan semakin besar pula beban yang bisa diangkut oleh truk tersebut.

Truk yang memiliki 3 sumbu roda yakni 2 sumbu roda ada di depan dan 1 sumbu roda lainnya ada di bagian belakang. Truk ini dikenal dengan nama truk Tronton. Jumlah ban yang dimiliki oleh truk jenis ini sebanyak 8 ban dan daya angkut maksimum pada jalan kelas II adalah sebesar 19 ton.

Baca Juga  Imigrasi Agam Harap Kerjasama Insan Pers Sikapi Perkembangan Isu

“Untuk itu, bagi para pengendara agar tetap hati-hati, jarak jarak dan jaga kecepatan kendaraan, patuhi rambu-rambu lalulintas, sehingga bisa selamat sampai tujuan,” tutup Andhika. (*)

Comment