Pilwana Panampung Kondusif, Meski Sidang Gugatan Perdata Berlangsung

Rizky Rais
11 November 2021 | 13:26:33 WIB Last Updated 2021-11-11T13:26:33+00:00
  • Komentar
Rombongan Aparatur Pantau Situasi Pilwana Panampung

Agam - Pemilihan Walinagari Panampuang di 12 Tempat Pemungutan Suara (TPS) 7 Jorong di Kecamatan Ampek Angkek, Kabupaten Agam berjalan aman dan kondusif. 

Meski sebelumnya 1 orang bakal calon Walinagari Panampuang melakukan gugatan perdata ke PN Bukittinggi terhadap para pihak, namun Pemilihan Walinagari Panampung tetap berjalan sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan. 

Hal tersebut disampaikan Wakil Kepala Kepolisian Sektor Ampek Angkek, Ipda. Erman usai memantau situasi keamanan di 12 TPS yang berada di 7 Jorong Nagari Panampuang, pada hari Kamis, 11 November 2021. 

    "Alhamdulillah tidak ada gejolak yang sekiranya mengganggu ketertiban umum dalam proses pemungutan suara di seluruh TPS, semuanya aman dan kondusif," tegasnya. 

    Dalam kesempatan yang sama, Ketua Panitia Pemilihan Walinagari Panampuang, Meta Respi mengatakan, 

    Ada 5 Calon Walinagari Panampuang pada Periode 2021-2027, diantaranya;

    1. Selfi

    2. Maskianda

    3. Delpiadi

    4. Etriwarmon

    5. Ulyanef

    "Saat ini ada sekitar 5000 lebih jumlah daftar pemilih tetap di 12 TPS di 7 Jorong. Semua sistem pemungutan suara berlangsung dengan cara electronic voting, sehingga sekitar habis sholat Zuhur sudah terkumpul semua data di seluruh TPS," kata Meta. 

    Tampak hadir sejumlah jajaran ASN Pemerintah Daerah Kabupaten Agam di Kantor Walinagari Panampuang dalam rangka memantau situasi kondisi Pemilihan Calon Walinagari diantaranya, Kadis Kominfo Pemkab - Rahmat Lasmono, Kadis Dukcapil Pemkab Agam - Helton, Camat Ampek Angkek - Eko Espito, Kabag Hukum Pemkab Agam - Oyong Liza, Kepala Bidang Bina Pemerintahan Nagari, Pemkab Agam - Zulkarnain, Wakapolsek Ampek Angkek - Ipda Erman, Aparat Babinsa Koramil Ampek Angkek, Tokoh Masyarakat Istaid Dt. Tan Kabasaran, Pj. Walinagari Panampuang Ariadi Z dan Walinagari se Kecamatan Ampek Angkek. 

    Saat ini Pemilihan Calon Walinagari Panampuang cukup menjadi perhatian masyarakat karena 1 orang bakal calon Walinagari Panampuang tidak memenuhi persyaratan yang dinilai sedang menjalani sanksi adat. 

    Ketua KAN Nagari Panampuang, Istaid Dt. Tan Kabasaran mengatakan bahwa memang kami telah menerbitkan Surat Keputusan Ninik Mamak pada tahun 2018 tentang sanksi kepada Anak Kamanakan yang melanggar aturan Adat Nagari Panampuang.

    "Namun demikian situasi dan kondisi keamanan Pemilihan Calon Walinagari Panampuang berjalan kondusif. Sidang tetap bersidang dan pemilihan tetap berjalan sesuai dengan jadwal," ujar  Istaid Dt. Tan Kabasaran. (*)



    Komentar
    Komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
    • Pilwana Panampung Kondusif, Meski Sidang Gugatan Perdata Berlangsung
    • 0

    Terpopuler