Ketua KPU Bukittinggi: Satu-Satunya Bapaslon Perseorangan Masuk Tahap Verifikasi Administrasi

Politik1744 Views

Bukittinggi – Nofil Anoverta, satu-satunya bakal pasangan calon (bapaslon) Walikota-Wakil Walikota Bukittinggi dari jalur perseorangan. Nofil Anoverta berpasangan dengan Frisdoreja telah mendatarkan diri sebagai bapaslon Walikota dan Wakil Walikota di KPU untuk pemilihan kepala daerah kota Bukittinggi mendatang.

Menurut Ketua KPU kota Bukittinggi, Satria Putra, pada Jum’at, (17/05),
bahwa pada tanggal 5,6,7 Mei 2024 adalah tahap pengumuman pendaftaran bapaslon perseorangan. Kemudian di tanggal 8,9,10,11,12 Mei 2024 adalah tahapan pemenuhan syarat dukungan bagi bapaslon perseorangan.

Berdasarkan SK KPU No.133, syarat dukungan bagi bapaslon perseorangan adalah 10% dari Daftar Pemilih Tetap (DPT) di pemilu terakhir. Yang mana DPT kota Bukittinggi sebanyak 95.068 orang/KTP, sehingga bapaslon harus menyerahkan dukungan minimal sebanyak 9506 koma sekian KTP, tapi berlaku pembulatan keatas menjadi 9507 KTP syarat minimal. Dan itu tersebar 50% di 3 Kecamatan dan wajib tersebar di 2 Kecamatan di kota Bukittinggi.

Baca Juga  Aksi Mosi Tidak Percaya Terhadap Ketua Berlangsung di Kantor Golkar Bukittinggi

“Bapaslon kota Bukittinggi, Bapak Nofil telah membawa syarat dukungan minimal 10% dari daftar pemilih tetap (DPT) di pemilu terakhir,” katanya.


Foto: Bakal Calon Walikota Bukittinggi, Nofil Anoverta.

Pada Minggu malam, tanggal 12 Mei 2024, sekitar pukul 22.30 wib, Bapak Nofil datang bersama tim telah mengantarkan syarat dukungan dan tanda tangan dan dilampiri sebanyak 10.099 KTP. Ini sebagai syarat dukungan yang dilampiri KTP dan dibubuhi tandatangan yang harus di upload di Sistem Pencalonan (Silon).

“Tim Pak Nofil sudah meng-upload di Silon yang tersebar di 3 Kecamatan di Kota Bukittinggi,” ucap Ketua KPU Bukittinggi.

Selanjutnya, kami masuk proses verifikasi administrasi yang dimulai sejak tanggal 13-29 Mei 2024. Tahapan verifikasi administrasi itu memeriksa syarat-syarat dukungan, diantaranya apakah sesuai Nomor Induk Kependudukan KTP, pemberi dukungan terdaftar atau tidak di DPT, lalu apakah ada pemberi dukungan dari ASN, TNI-Polri.

Baca Juga  Strategi PPP Menangkan Duet Ganjar dan Gus Yasin

“Sampai saat ini bisa dipastikan cuma satu-satunya bapaslon jalur perseorangan yang mendaftar di KPU. Jika lolos verifikasi administrasi maka akan dilanjutkan ke tahap verifikasi faktual di pertengahan bulan Juni 2024,” pungkasnya. (*)

Comment