Polisi Bongkar Makam Iwan Eks Calon Siswa TNI AL

Headline67 Views

Sawahlunto, Detaksumbar.com- Pihak kepolisian bersama Lantamal II Padang melakukan pembongkaran makam pria yang ditemukan membusuk pada tahun 2022 di Dusun Sungai Betung, Desa Datar Mansiang, Kecamatan Talawi, Kota Sawahlunto, Sumatera Barat (Sumbar), hari ini.

<span;>Makam dengan kode mister X tersebut diduga adalah Iwan Sutrisman Telaumbanua, casis TNI AL yang diduga dibunuh oleh serda Pom Adan Aryan Marsal dengan modus penipuan bisa meloloskan masuk menjadi anggota TNI.

Kabid Dokes Polda Sumbar, Kombes Pol Sri Handayani, mengatakan proses pembongkaran makam tersebut saat ini berlangsung di TPU Cemara, Sawahlunto. Sementara saat pembongkaran ini disaksikan langsung oleh keluarga Iwan.

“Proses pembongkaran makam saat ini untuk mengambil sampel” kata Kombes Pol Sri Handayani, Rabu (17/4/2024).

Baca Juga  Jaksa Bukittinggi: Betul, Perintah Kejati Sumbar Tindak Lanjut Dugaan Kerugian Negara di Pemko Bukittinggi

Usai dibongkar, jasad pria tersebut langsung dibawa ke RS Bhayangkara Padang untuk pencocokan Deoxyribo Nucleic Acid (DNA) dengan keluarga Iwan.

“Ini kita belum melakukan tes DNA. Jadi usai dibongkar jasad pria itu akan kita cek dengan keluarga Iwan di Bhayangkara,” tuturnya.

Dalam pembokaran makan ini, Polisi juga dibantu oleh Lantamal II Padang. Sementara keluarga Iwan sudah berada di Sawahlunto sejak pagi tadi.

“Untuk keluarganya sudah berada di lokasi TPU sejak pagi. Dia berangkat dari Padang. Sementara saat ini kita juga dibantu oleh Lantamal II Padang dalam pembongkaran makam,” tutupnya.

Tambahnya, dari pencocokan dan pengumpulan data awal terdapat kesamaan mayat yang ditemukan di Dusun Sungai Betung, Desa Datar Mansiang, Kecamatan Talawi, Kota Sawahlunto, dengan Iwan yang dibunuh Serda Adan Aryan.

Baca Juga  Kembali Truk Patah As Roda di Jalur Padang-Bukittinggi Lewat Malalak, Arus Lalin di Alihkan

“Berdasarkan data temuan hasil visum, mayat mister X yang ditemukan pada 30 Desember 2022 di Sawahlunto kuat adalah saudara Iwan. Ini berdasarkan pencocokan dengan data korban,” katanya.

Meski sudah bisa dipastikan jenazah tersebut adalah Iwan, namun proses penyocokan masih terus dilakukan untuk menggali hal-hal lainya untuk menambah bahan penyidikan pihak kepolisian. Dikarenakan, usai di lakukan pengambilan sampel DNA, jenazah akan dipulangkan ke Nias, Sumatera Utara.

SAWAHLUNTO, SUMATERA BARAT

Comment